20 Tahun Terkubur, Jasad Guru Ngaji di Sukabumi Tetap Utuh

Sukabumi, -- : Anda boleh percaya boleh tidak. Tapi, faktanya memang ada: rangka jenazah seseorang tetap utuh meski sudah terkubur selama 20 tahun. Pun dengan kian kafannya.

Sulit dinalar, memang. Namun ini benar-benar terjadi. Jasad Muhammad Samsuri masih terlihat lengkap dari ujung rambut sampai ujung kaki. Seperti tak tersentuh rayap.

Peristiwa cukup menghebohkan ini datang dari Kampung Cisarua, Desa Warna Sari, Sukabumi, Jawa Barat. Mulanya, pihak keluarga ingin memindahkan makam Samsuri ke Pemakaman Umum Taman Hikmat.

Awalnya, kata Ahmad--penggali makam--, semua berjalan normal. Ahmad terus mengayunkan cangkulnya, sampai..."Saya sampai merinding!"

Ahmad cepat melompat ke atas lubang kubur. Lelaki itu tak kuasa meneruskan pekerjaannya. Dia sama sekali tak menyangka kalau jasad Samsuri masih utuh. Kain kafan yang menutup jenazah juga tampak masih bersih.

Ahmad baru berani turun kembali ke dalam makam setelah berembuk dengan pihak keluarga. Jasad Samsuri lalu diangkat dan dimasukkan ke dalam keranda, layaknya jenazah yang baru meninggal.

Samsuri meninggal 1 April 1993 pada usia 73 karena sakit. Semasa hidup, lelaki yang berprofesi sebagai penghulu dan guru mengaji itu, terkenal baik dan sangat ramah.

Abdul Hakim, anak bungsu Samsuri, berharap peristiwa ini adalah penanda baik buat almarhum bapaknya. Apapun, bungsu dari delapan bersaudara itu, memasrahkan semua kejadian ini kepada Yang Maha Kuasa . =/mtvn\= .



Top